Indahnya Bersama Beswan Djarum Pekalongan


Peserta Melantunkan Lagu Indonesia Raya
Waktu itu, jam sembilan pagi, aula Universitas Pekalongan (Unikal) mulai hangat dan ramai. Sekitar 40 mahasiswa dari beberapa universitas di Pekalongan berdatangan untuk mengikuti pelatihan motivasi dan pengembangan diri, Motivation and Self Improvement Training. Kehangatan itu pun memukau karena semua peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Beswan Djarum bersama-sama untuk memulai acara pelatihan tersebut.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Ikatan Beswan Djarum Pekalongan angkatan 26 pada Sabtu 19 Maret 2011, bertema Let’s Improve and Be Success. Saya sangat salut dengan kerja keras panitia dalam mensukseskan pelatihan. Hanya beranggotakan 6 orang, mereka mampu menghandel acara dengan baik. Tidak salah ketika mulai dari persiapan acara sampai pada puncak acara, salah satu panitia merangkap beberapa tugas, dari membuat sertifikat, menerima peserta, membagikan snack kesemua peserta, bahkan memberikan sambutan di depan para peserta. Betapa terkurasnya tenaga mereka. Tapi, sampai diakhir acara semua panitia tetap nampak sangat bergairah dan semangat.

Acara pertama dimulai dengan sambutan ketua panitia, Totok. Dia menguraikan latar belakang diadakannya kegiatan tersebut sekaligus ungkapan apresiasi terhadap semua partisipan yang telah ikut mensukseskan acara. Sambutan kedua, disampaikan oleh Yones, selaku ketua ikatan Beswan Djarum tahun ajaran 2010-2011 DSO Pekalongan. Selanjutnya, diikuti sambutan Rektor, yang diwakili oleh PR III Bidang kemahaiswaan Universitas Pekalogan. Sambutan pembatu Rektor menekankan pentingnya pengembangan kreativitas pada tiap diri individu mahasiswa, agar tidak hanya aktif di perkuliahan saja, karena proses perkuliahan dikampus hanya menambah 30% terhadap kemampuan mahasiswa dalam menghadapi dunia ‘nyata’ setelah lulus. Selebihnya didapat di luar perkuliahan.

M Sigit Taruna Sedang Memberi Pelatihan
Setelah sambutan ketiga selesai. Acara pelatihan pun dimulai. Dengan menghadirkan dua trainer, pertama M. Sigit Taruna, diikuti trainer kedua, Andi Kustomo. Masing-masing mereka adalah trainer handal di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Satu dari kalangan akademisi, satunya lagi trainer ‘jalanan’. Kelihaian trainer kedua dalam menyampaikan materi diselingi joke, membuat suasana pelatihan sangat cair. Semua peserta seperti terbawa dalam suasana yang sangat mengasyikkan. Tidak ketiggalan, para peserta sangat antusias untuk bertanya, karena selain mendapatkan jawaban dari trainer, setiap peserta yang bertanya akan mendapatkan doorprice dari panitia.

Banyak kalimat bagus yang saya dapatkan dalam pelatihan ini. “Kita hanya memanfaatkan satu persen dari kemampuan yang kita miliki; Satu persen kesuksesan ditentukan oleh pikiran kita, selebihnya, 99 persen ditentukan oleh kerja keras; Orang pintar banyak tujuan, sedangkan orang sukses hanya punya satu tujuan; Untuk mencapai kesuksesan, kita harus FOKUS (Follow One Course Until Success), mengikuti satu tujuan sampai mencapai keberhasilan”. Itulah diantara ungkapan berkesan yang disapaikan oleh trainer kedua. Saat itulah, gairah semangat yang saya miliki semakin besar untuk mengejar kesuksesan.

Para Beswan Djarum
Apresiatif
Saya sebagai perwakilan dari Beswan Djarum DSO Yogyakarta bersama dengan satu teman, Astrid, sangat senang bisa menghadiri undangan panitia dan ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini. Tidak hanya karena acaranya yang bagus. Tapi, saya bisa bersilaturrahmi dengan Beswan Djarum DSO Pekalongan angkatan 26 yang sangat ramah dan bersahabat, juga satu orang lagi angkatan 25, Arif Senior, yang luar biasa, dia rela menyambut kedatangan kami meski besok harinya harus melakukan wisuda. Selama beberapa jam saya menyempatkan diri berdiskusi metodologi penelitian, yang Arif gunakan dalam penyelesaian skripsi hingga akhirnya dia merampungkan skripsinya.

Pada acara itu, saya juga bertemu dengan sahabat Beswan Djarum angkatan 26, Suryo dan Indah, perwakilan dari DSO Solo, dan satu lagi Nina, perwakilan dari DSO Semarang. Bersama merekalah satu hari sebelum acara berlangsung, kami menginap di Hotel Indonesia Pekalongan. Tempat penginapan ini disediakan oleh panitia untuk menyambut kedatangan kami, Beswan Djarum dari RSO se-Semarang. Meski akhirnya, karena berbenturan dengan beberapa kegiatan di DSO lain. Maka yang bisa hadir adalah perwakilan dari RSO Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Makan Malam Bersama Panitia
Bagi saya pribadi, kedatangan waktu itu, ke kota Pekalongan menjadi yang pertama kalinya. Sehingga kunjungan kali itu sungguh menjadi sejarah yang indah. Lima jam waktu tempuh dari Yogyakarta untuk sampai di kota Pekalongan. Awalnya saya sedikit terhambat dalam keberangkatan, karena sebenarnya saya ada tugas membimbim mahasiswa di kampus. Beruntung sekali, berkat ada lecturer assistace lain yang siap mewakili, akhirnya saya bisa berangkat. Dan saya bersyukur bisa berangkat. Berkat kegiatan inilah saya seperti memiliki keluarga baru di Pekalongan. Keluarga yang punya semangat juang tinggi.

Terakhir, saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada sahabat-sahabat Beswan Djarum DSO Pekalongan yang telah mengundang saya dengan jamuan yang luar biasa. Kalian semua hebat. Saya tidak akan melupakannya. Semoga persahabatan kita tetap terjalin dengan baik. Dan semua pelajaran yang saya dapatkan dari pelatihan terus memberi semangat untuk hidup saya kedepan, sehingga nantinya saya dapat berkontribusi untuk negara Indonesia tercinta. Amien.

Komentar

Postingan Populer