Peningkatan Rekognisi Internasional

 

Gambar: Presentasi di Universiti Malaya

Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya meningkatkan rekognisi internasional melalui berbagai kegiatan kolaborasi. Salah satu inisiatif terbaru adalah kerja sama antara Fakultas Ilmu Agama Islam dan Jurusan Studi Islam UII dengan Departemen Syariah dan Ekonomi Universiti Malaya serta the Academy of Contemporary Islamic Studies (ACIS) di Universiti Teknologi Mara (UiTM). Kolaborasi ini bertujuan untuk mempererat hubungan akademik dan memperkaya wawasan di bidang studi Islam dan ekonomi Islam.

Dalam kolaborasi ini, dua kegiatan inti telah diselenggarakan pada 9 hingga 10 November 2023. Pertama adalah program short course bertema Indonesian Islam: History and Contemporary Issues. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia serta isu-isu kontemporer yang relevan. Melalui program ini, peserta dari kedua negara memiliki kesempatan untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman.

Kegiatan kedua adalah pengabdian internasional dengan tema Strengthening Islamic Economic Literacy for Young Muslims. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi Islam di kalangan generasi muda Muslim. Sebagai bagian dari program ini, seminar diadakan untuk membahas cara-cara praktis dalam menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus mendorong kewirausahaan di kalangan pemuda Muslim.

Gambar: Rangkaian Kegiatan di UiTM

Saya berkesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan mempresentasikan topik Empowering Financial Literacy and Entrepreneurship Education for Muslim Youth di Universiti Malaya. Presentasi ini membahas pentingnya literasi keuangan dan pendidikan kewirausahaan bagi generasi muda Muslim, serta strategi untuk mendorong partisipasi mereka dalam ekonomi Islam modern.

Di Universiti Teknologi Mara (UiTM), saya menyampaikan presentasi berjudul Unlocking Perspectives: Comparative Education Between Malaysia and Indonesia in the Modern World. Dalam sesi ini, saya menjelaskan perbandingan antara sistem pendidikan di Malaysia dan Indonesia, serta bagaimana kedua negara dapat saling belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam.

Melalui kegiatan ini, tim dari FIAI berharap kolaborasi antara UII, Universiti Malaya, dan UiTM dapat terus berlanjut dan menghasilkan manfaat yang signifikan bagi dunia akademik dan masyarakat luas. Pertukaran ide dan pengetahuan seperti ini adalah langkah penting dalam membangun pemahaman yang lebih baik antara dua negara tetangga dan mendorong perkembangan studi Islam serta ekonomi Islam di tingkat internasional.

Baca Artikel yang Lain di Sini

Komentar

Postingan Populer