Catatan Lengkap Kasus Munir


Judul Buku : Kasus Pembunuhan Munir; Kejahatan yang sempurna
Penulis : Wendratama
Penerbit : Gramedia
Cetakan : Agustus, 2009
Tebal : viii + 263 halaman

Munir, seorang mantan koordinator Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) pantas dijuluki sebagai pahlawan orang hilang. Dia seorang pejuang HAM sejati yang gigih dan berani. Keberaniannya jauh melampaui sosok pisiknya yang kerempeng. Namun, sayang, Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial kelahiran Malang 8 Desember 1965 ini, wafat dalam usia relatif muda, 39 tahun, dalam penerbangan menuju Amsterdam, 7 September 2004.

Pejuang hak asasi manusia (HAM) itu, pergi untuk selama-lamanya. Bangsa ini kehilangan seorang tokoh muda yang dikenal gigih membela kebenaran sejak Pak Harto masih berkuasa. Saat menjabat Koordinator Kontras namanya melambung sebagai seorang pejuang bagi orang-orang hilang yang diculik pada masa itu. Ketika itu dia membela para aktivis yang menjadi korban penculikan Tim Mawar dari Kopassus. Setelah Pak Harto jatuh, penculikan itu menjadi alasan pencopotan Danjen Kopassus (waktu itu) Prabowo Subianto dan diadilinya para anggota tim Mawar.

Dia pun memperoleh The Right Livelihood Award di Swedia (2000) sebuah penghargaan prestisius yang disebut sebagai Nobel alternatif. Sebelumnya, Majalah Asiaweek (Oktober 1999) menobatkannya menjadi salah seorang dari 20 pemimpin politik muda Asia pada milenium baru dan Man of The Year versi majalah Ummat (1998).

Sementara, kendati namanya sudah mendunia, Munir tetap hidup bersahaja. Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial (2004) ini, tinggal di rumah sederhana dan ke mana-mana naik sepeda motor. Sekali waktu motornya pernah dicuri. Padahal ia pun sering mendapat ancaman. Saat membongkar kasus pembunuhan aktivis buruh Marsinah, ia pun diancam akan dijadikan sosis oleh orang yang mengaku aparat keamanan. Begitu pula ketika dia membongkar kasus penculikan aktivis mahasiswa pada akhir kekuasaan Soeharto.

Kehadiran buku Kasus Pembunuhan Munir ini berasal dari pengamatan penulis, wendratama, catatan resmi seperti catatan pengadilan, laporan investigasi Garuda Indonesia, atau wawancara dengan orang yang terlibat langsung atas tragedi kematian Munir. Dengan penuturan yang mendalam, dilengkapi dengan sumber lain yang teridentifikasi di dalam teks, misalnya media atau orang yang tidak terlibat memberi wawasan mendalam kepada pembaca seputar kasus ini. Buku ini bisa menjadi sumbangan besar di tengah kebutuhan masyarakat akan dokumentasi tentang kasus munir.

Komentar

Postingan Populer